Senin, 17 Januari 2011

INTERVIEW



1.      Dalam Memperoleh suatu Informasi, salah satunya adalah dengan melakukan Interview.
A.    Jelaskan Pengertian Interview.
B.    Sebutkan langkah-langkah dalam melakukan Interview dan Jelaskan masing-masing langkah-langkah tersebut.
JAWAB :
A.    Interview atau sering disebut juga wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara dengan tujuan-tujuan tertentu dengan menggunakan format tanya jawab yang terencana. Bisa juga dikatakan suatu proses komunikasi interaksional antara dua pihak. Cara pertukaran yang digunakan adalah cara verbal dan nonverbal dan mempunyai tujuan tertentu yang spesifik.
B.     Ada lima langkah dalam melakukan Interview. Langkah-langkah tersebut antara lain :
·         Memilih yang akan di Interview
Yaitu dengan menyusun jadwal interview yang memuat daftar orang – orang yang akan didintrerview. Daftar dapat resmi ataupun tidak resmi yang memuat nama, posisi, tujuan interview dan tanggal / waktu.

·         Merancang pertanyaan untuk Interview
Merancang pertanyaan dengan menyiapkan tiga tipe pertanyaan. Tiga tipe pertanyaan tersebut antara lain : Close Ended (Lebih mempersyaratkan jawaban yang spesifik), Open Ended (Pertanyan yang didesain untuk mendapatkan banyak informasi seperti pertanyaan esai pada ujian), dan Probing (Berupa diskusi yang dilakukan penginterview untuk mendapatkan kejelasan dari jawaban yang ia terima).

·         Menyiapkan Interview
Sangat penting untuk mempersiapkan interview, karena ini berkaitan dengan berhasil atau gagalnya suatu interview. Jika persiapannya baik, maka interview juga dapat dipastikan juga akan berjalan secara baik. Beberapa langkah untuk mempersiapkan interview adalah dengan membuat daftar pertanyaan dan mengantisipasi jawaban pada tahap awal, mengkonfirmasi batas area pengetahuan orang yang diinterview sehingga kita tidak menanyakan sesuatu yang ia tak dapat menjawab, menyetel prioritas yang akan di tanyakan pada waktu yang terbatas dan mempersiapkan orang yang akan diinterview berupa jadwal, informasi area diskusi, dan informasi alasan interview.
·         Melaksanakan Interview
Dalam menjalankan interview sebaiknya kita bersikap profesional dan tidak memihak, merekam semua informasi, mengecek kebijaksanaan organisasional dengan tape recorder, yakin bahwa kita mengerti semua isu dan istilah, memisahkan fakta dan opini, memberi orang yang diinterview waktu untuk menjawab, berterima kasih pada orang yang diinterview.

·         Follow-Up Interview
Setelah interview berakhir, butuh untuk menyiapkan laporan interview yang memuat semua informasi yang didapat dari interview.


2.      Jelaskan Pengertian Close Ended, Open Ended dan Probing serta berikan contohnya masing-masing.
JAWAB :
Close Ended (Pertanyaan Tertutup) adalah pertanyaan yang lebih mempersyaratkan jawaban yang spesifik. Jenis pertanyaan ini memudahkan penginterview untuk mengontrol interview dan mendapatkan informasi yang ia butuhkan.
  Contoh Pertanyaan Close Ended :
a)      Berapa jumlah pesanan melalui telepon?
b)      Bagaimana cara memesan?
c)      Informasi tambahan apa yang diperlukan pada sistem yang baru?
d)     Apakah Anda menggunakan web untuk menampilkan informasi bagi vendor ?
e)      Setuju atau tidak setuju Anda bahwa e-commerce tidak begitu aman?
f)       Apakah Anda ingin menerima salinan laporan keuangan Anda setiap bulan?

Open Ended (Pertanyaan Terbuka) merupakan pertanyan yang didesain untuk mendapatkan banyak informasi seperti pertanyaan esai pada ujian. Ini membuat orang yang diinterview lebih dapat mengontrol interview.
Contoh Pertanyaan Open Ended :
a)      Bagaimana pendapat anda tentang sistem yang ada?
b)      Masalah apa yang sering dihadapi sehari-hari?
c)      Bagaimana memutuskan tipe pemasaran apa yang harus dilaksanakan?
d)     Bagaimana pendapat Anda tentang kondisi bisnis ke bisnis ecommerce di perusahaan Anda ?
e)      Apa tujuan terpenting departemen Anda ?
f)       Gambarkan proses monitoring yang tersedia secara online ?

Probing (menyelidiki) merupakan pertanyaan yang berupa diskusi yang dilakukan penginterview untuk mendapatkan kejelasan dari jawaban yang ia terima. Penginterview menyemangati orang yang didinterview agar lebih mengembangkan atau mengkonfirmasi jawaban dari respon yang sebelumnya.
Contoh Pertanyaan Probing :
a)      Kenapa?
b)      Dapatkah Anda memberikan contoh?
c)      Dapatkah dijelaskan lebih detail lagi?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar